ZONA INTEGRITAS RSD NGANJUK
Rumah Sakit Daerah Nganjuk merupakan Rumah Sakit Daerah milik pemerintah Kabupaten Nganjuk kelas B pendidikan dengan predikat terakreditasi Paripurna Tahun 2022 dan menetapkan Badan Layanan Umum Daerah berdasarkan peraturan Bupati Nganjuk nomor 28 tahun 2021 tentang kedudukan susunan organisasi tugas dan fungsi serta tata kerja Perangkat daerah dan unit organisasi bersifat khusus. Rumah Sakit Daerah Nganjuk merupakan unit organisasi bersifat khusus yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara Paripurna menyediakan rawat inap rawat jalan dan unit gawat darurat. Rumah Sakit Daerah Nganjuk mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang pelayanan kesehatan Paripurna dengan upaya penyembuhan pemulihan rehabilitasi yang dilaksanakan secara serasi terpadu dengan upaya peningkatan serta pencegahan dan melaksanakan upaya rujukan. Rumah Sakit Daerah Nganjuk telah membangun zona integritas pada tahun 2019 hingga saat ini dan menuju wilayah bebas korupsi atau WBK dan wilayah birokrasi bersih dan melayani atau yang menjadi langkah akselerasi guna mencapai sasaran reformasi birokrasi kami menerapkan pembangunan zona integritas dengan target peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi yang bersih dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme serta pelayanan public.
“Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang di zona integritas Rumah Sakit Daerah Nganjuk wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih melayani, saya Dr Tien Farida Yani MMRS selaku Direktur Rumah Sakit Daerah Nganjuk beserta seluruh jajaran manajemen dan civitas hospitalia Rumah Sakit Daerah Nganjuk terus berupaya untuk menghadirkan birokrasi pemerintahan yang baik dan bersih bebas dari praktik korupsi serta tidak kompromi dengan penerimaan suap serta gratifikasi kami juga berkomitmen untuk terus membangun dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan melakukan inovasi-inovasi pelayanan agar tercapai mutu pelayanan kesehatan serta keselamatan pasien. Kami mengembangkan dan menerapkan 6 area perubahan yang pertama adalah manajemen perubahan yang kedua penataan tata laksana yang ketiga manajemen sumber daya aparatur yang keempat penguatan akuntabilitas kinerja yang kelima penguatan pengawasan, dan yang keenam peningkatan kualitas pelayanan public. Tutur dr. Tien Farida Yani, MMRS selaku Direktur RSD Nganjuk.
Manajemen perubahan RSD nganjuk telah mencanangkan integritas dan juga penandatanganan maklumat pelayanan yang sesuai dengan visi yang diembannya menjadi Rumah Sakit pilihan terbaik dalam pelayanan kesehatan. Kami juga rutin melakukan koordinasi bersama mewujudkan langkah-langkah strategis guna memperkuat komitmen dalam menciptakan pelayanan publik yang transparan dan bersih dari praktik korupsi serta memastikan seluruh pegawai menerapkan pelayanan prima kerja tim dan inovasi dengan memonitoring evaluasi dan tindak lanjut secara berkala. Dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima, untuk mewujudkan reformasi birokrasi dengan baik proses perbaikan pada komponen pengungkit diperlukan monitoring dan evaluasi melalui supervisi berjenjang secara berkala. Saat ini kami pada kawasan area pelayanan rawat inap di ruang Kamelia yang menyelenggarakanah satusi penyelenggaraan pelayanan kesehatan perseorangan secara Paripurna melalui pelayanan kesehatan promotif preventif kuratif rehabilitatif dan atau paliatif. Monitoring dan evaluasi dilakukan melalui supervisi terhadap kepatuhan pelaksanaan standar prosedur operasional kepatuhan identifikasi pasien. Ujar Siti Fatonah S. Kep Ns. M.Kes
Penataan tatalaksana dalam upaya memudahkan akses pelayanan RSD Nganjuk berinovasi memberikan pelayanan berbasis elektronik Melalui aplikasi mobile JKN masyarakat dapat mendaftar dengan mudah dan cepat. Perubahan rekam medis dari manual ke elektronik memberikan dampak positif bagi RSD Nganjuk informasi medis pasien yang terintegrasi dan terbaru dapat membantu pasien dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas dan aman. Dalam transparansi Informasi Publik telah diberikan melalui kanal media sosial RSD Ngajuk.
Manajemen sumber daya aparatur upaya strategis untuk menjamin pelayanan kesehatan bermutu dan merata RSD Nganjuk menyajikan informasi terkini tentang pengembangan kompetensi keprofesian dan peluang karir serta fasilitas jejaring antar tenaga kesehatan dalam mengelola kehadiran pegawai RSD Nganjuk telah menerapkan Presensi Online yang memudahkan serta menciptakan proses pekerjaan yang lebih efisien. Rapat mutasi internal dilakukan sesuai dengan asesment dan kinerja untuk mengevaluasi efektivitas operasional Rumah Sakit.
Penguatan akuntabilitas kinerja keterlibatan pimpinan secara langsung dalam penyusunan perencanaan strategis penyusunan penetapan kinerja dan pemantauan pencapaian kinerja secara berkala mewujudkan meningkatkan indeks kepuasan masyarakat dan indeks persepsi anti korupsi serta jumlah pasien yang terus meningkat dari tahun ke tahun
Penguatan pengawasan RSD Nganjuk telah mensosialisasikan dan menunjukkan komitmen kuat dalam melakukan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani serta mengajak seluruh masyarakat untuk mengawali dan mengawasi pembangunan zona integritas melalui public campaign. Selanjutnya telah terdapat petugas khusus pengaduan untuk menangani keluhan dan pengaduan secara cepat melalui berbagai kanal pengaduan seperti pengaduan secara langsung dan Melalui aplikasi span lapor serta menindaklanjuti pengaduan dengan rapat mengenai lanjut pengaduan
Peningkatan pelayanan publik RSD Nganjuk telah menerapkan pelayanan keperawatan profesional yang memiliki mutu kualitas dan bersifat efektif dan efisi untuk memberikan kepuasan pada pasien dengan pelayanan penunjang yang canggih Oleh karena itu diperlukan kompetensi yang profesional oleh setiap pegawai untuk memiliki kualitas kompetensi profesionalisme dengan berbagai inovasi diantaranya satu PESAN BAKMI BARBI pemesanan bahan makanan dan minuman menggunakan aplikasi Excel yang disesuaikan dengan jumlah porsi dan menu untuk mempermudah petugas pemesanan bahan pangan.
Saya selaku kepala instalasi Farmasi Rumah Sakit Daerah Nganjuk. Jadi kami dari Instalasi Farmasi membuat inovasi elektronic resep dan siantaru atau siap antar obat dengan bekerja sama dengan PT Pos jadi yang melatar belakangi adalah keluhan dari masyarakat karena menunggu pelayanan obat di Instalasi Farmasi lawat jalan yang sangat lama jadi dengan E resep pasien setelah diperiksa di klinik langsung menuju ke instalasi farmasi rawat jalan jadi dengan hanya cukup menyerahkan barkode pasien ke petugas pos dan pasien memberikan alamat pengiriman dan membayar biaya pengiriman jadi pasien setelah itu akan mendapatkan informasi mengenai obat yang akan didapat dari petugas Farmasi kemudian pasien ini bisa langsung pulang dan menunggu obat di rumah, jadi Alhamdulillah inovasi E-RESEP DAN SIANTARO mendapat Respon yang baik dari pasien, jadi terbukti dengan semakin banyak pasien memakai pelayanan SIANTARO ujar Apt. M. Yanuar Ahadi, S.Si
PENYU MAKAN NASI penyuluhan menarik menggunakan video dan animasi adalah salah satu satu inovasi terobosan baru bagi RSD Nganjuk untuk menggunakan media video dan animasi sebagai edukasi kesehatan kepada masyarakat dalam mempermudah penyampaian informasi yang signifikan dan mudah dipahami
PECEL TAMI pelayanan cepat langsung tanpa diskriminasi merupakan inovasi bagian dari komitmen pelayanan RSD Nganjuk kepada pasien dengan tujuan layanan publik yang berkualitas transparan tanpa diskriminasi mudah aman dan nyaman
MELINTAS BUSUR setiap fasilitas pelayanan kesehatan wajib melakukan proses pengolahan limbah yang dihasilkan dengan memunculkan inovasi melintas busur atau menanam limbah kertas timbul sayur.
AKTA BAYI BARU LAHIR Rumah Sakit Daerah Nganjuk telah bekerja sama dengan Dinas Dukcapil terkait peluncuran inovasi baru layanan pembuatan akta kelahiran bagi bayi baru lahir dan KK baru upaya inovasi baru layanan terintegrasi Rumah Sakit Daerah Nganjuk sebagai bentuk mendukung dan memudahkan percepatan pembuatan dokumen kelahiran pada bayi baru lahir
Mari bersama-sama mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani demi menuju masa depan yang lebih baik
-
28 Oct, 2024 13:04