Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nganjuk kembali menggelar acara Forum Konsultasi Publik (FKP) Penyelenggara Pelayanan sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan, transparansi penyelenggaraan layanan publik dan keterlibatan aktif masayarakat.
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu 23 Juli 2025 di ruang rapat Amerta RSUD Nganjuk dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting daerah antara lain Direktur RSUD Nganjuk, Wakil Komisi IV DPRD Kabupaten Nganjuk, serta Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk. Turut hadir pula berbagai unsur masyarakat, termasuk perwakilan pasien, organisasi profesi, tokoh masyarakat, LSM, serta instansi pemerintah daerah.
Acara dibuka oleh Direktur RSUD Nganjuk, dr. Tien Farida Yani, MMRS yang menyampaikan pentingnya sinergi antara rumah sakit, pemerintah daerah, dan masyarakat “Kami harus terus berbenah dan akan terus mengupayakan melakukan komunikasi, edukasi dengan semua pihak, seperti kegiatan Forum Konsultasi Publik saat ini. Kami membutuhkan dukungan Dinas Kesehatan untuk bisa mengundang semua Kepala Puskemas, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bekerja sama memberikan edukasi kepada Masyarakat,” ujar dr. Tien.
Sementara itu perwakilan dari Komisi 4 DPRD Kabupaten Nganjuk yang membidangi kesehatan dan kesejahteraan rakyat, Fauzi Irwana, SE menyampaikan dukungan kepada RSUD Nganjuk dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan mengoptimalkan peran legislatif dalam memastikan pelayanan kesehatan berjalan sesuai harapan masyarakat. “Komunikasi harus terjalin dengan baik antar berbagai sektor. Kami mengevaluasi kinerja sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal,” tegasnya.
Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Drs. Nur Solekan, M.Si menyampaikan bahwa pemerintah daerah memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang prima dan sesuai kebutuhan masyarakat. “Kami selalu memberikan dukungan penuh terkait pelayanan untuk masyarakat termasuk Pemenuhan anggaran terhadap UHC sudah diusahakan oleh Pemerintah Daerah,”ungkap beliau.
Forum berlangsung lancar dan penuh antusias dari peserta. Pada saat sesi diskusi, sejumlah perwakilan masyarakat, organisasi profesi, dan tokoh daerah turut memberikan saran dan masukan serta pengalaman mereka terkait pelayanan di RSUD Nganjuk.
Dengan adanya Forum Konsultasi Publik ini diharapkan RSUD Nganjuk dapat terus memperbaiki dan menyesuaikan layanannya dengan kebutuhan masyarakat. Serta hasil dari Forum Konsultasi Publik ini bisa menjadi bahan evaluasi serta pertimbangan dalam perencanaan pelayanan rumah sakit ke depan.